MATERI: Berpikir Komutasi (Fadila Ellok)
> Struktur Data
Struktur data adalah cara atau teknik untuk mengatur elemen data ke dalam bentuk tertentu.
1.Tree
Tree adalah tipe struktur data yang sifatnya non-linier dan berbentuk hierarki. Mengapa tree disebut sebagai struktur data non-linier? Alasannya karena data pada tree tidak disimpan secara berurutan. Sebaliknya, data diatur pada beberapa level yang disebut struktur hierarkis.
Struktur data tree terdiri atas kumpulan simpul atau node, Tiap-tiap simpul dari tree akan dihubungkan oleh sebuah garis hubung yang dalam istilah teknis disebut edge.
2.Graph
Graph adalah jenis struktur data umum yang susunan datanya tidak berdekatan satu sama lain (non-linier). Graph terdiri dari kumpulan simpul berhingga untuk menyimpan data dan antara dua buah simpul terdapat hubungan saling keterkaitan.
>Algoritma
algoritma adalah serangkaian langkah untuk memecahkan masalah yang diketahui. Masalah yang dipecahkan oleh algoritma dapat berupa pengurutan sekumpulan data, pencarian melalui data yang tersedia, atau bahkan enkripsi data.
Langkah-langkah mendesain algoritma :
1.Memahami masalah yang ingin diselesaikan
2.Menganalisis kompleksitas masalah
3.Membuat Pseudocode
4.Menerjemahkan Pseudocode ke dalam kode program
>Ekspresi
Ekspresi atau ungkapan dalam bahasa pemrograman adalah kombinasi dari nilai-nilai eksplisit, konstanta, variabel, operator, dan fungsi yang ditafsirkan menurut aturan prioritas tertentu dan asosiasi untuk sebuah bahasa pemrograman tertentu, yang menghitung dan kemudian menghasilkan (kembali, dalam lingkungan penuh keadaan) nilai lain.
Contoh:
Contoh pertama memperlihatkan ekspresi dengan operand berupa dua nilai, contoh kedua adalah ekspresi yang melibatkan operand berupa variabel, contoh ketiga adalah ekspresi yang melibatkan ekspresi lainnya sebagai operand.>Operasi Logika
Operator logika atau Logical Connective adalah konstanta yang digunakan untuk menghubungkan atau menambahkan dua atau lebih rumus atau variabel. Operator ini digunakan untuk mencari Logika antara nilai atau variabel.
Contoh:
#include <stdio.h>
int main(void) {
int a = 20;
int b = 5;
if (a > 10 || b > 10)
printf("At least one of the numbers is greater than 10");
}
Dalam contoh di atas, outputnya adalah At least one of the numbers is greater than 10
karena kondisinya a > 10 || b > 10
terpenuhi – setidaknya satu operannya adalah true
.
Kondisi pertama, a > 10
, adalah true
, jadi hasilnya adalah true
.
Jika keduanya a
dan b
, false
tidak akan ada output.
>Flowchart
Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram.
Jenis-jenis Flowchart:
Flowchart dokumen
Pertama ada flowchart dokumen (document flowchart) atau bisa juga disebut dengan paperwork flowchart. Flowchart dokumen berfungsi untuk menelusuri alur form dari satu bagian ke bagian yang lain, termasuk bagaimana laporan diproses, dicatat, dan disimpan.
Flowchart program
Selanjutnya kita akan membahas flowchart program. Flowchart ini menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program. Flowchart program terdiri dari dua macam, antara lain: flowchart logika program (program logic flowchart) dan flowchart program komputer terinci (detailed computer program flowchart).
Flowchart proses
Flowchart proses adalah cara penggambaran rekayasa industrial dengan cara merinci dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem.
Flowchart sistem
Yang keempat ada flowchart sistem. Flowchart sistem adalah flowchart yang menampilkan tahapan atau proses kerja yang sedang berlangsung di dalam sistem secara menyeluruh. Selain itu flowchart sistem juga menguraikan urutan dari setiap prosedur yang ada di dalam sistem.
Flowchart skematik
Terakhir ada flowchart skematik. Flowchart ini menampilkan alur prosedur suatu sistem, hampir sama dengan flowchart sistem. Namun, ada perbedaan dalam penggunaan simbol-simbol dalam menggambarkan alur
Simbol Flowchart:
Simbol-simbol di atas memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Ada yang berfungsi untuk menghubungkan satu simbol dengan simbol lainnya seperti simbol flow, on-page dan off-page reference. Selain itu ada juga simbol yang berfungsi untuk menunjukan suatu proses yang sedang berjalan, dan yang terakhir terdapat simbol yang berfungsi untuk memasukan input dan menampilkan output.
Komentar
Posting Komentar